DASAR: Bahasa Pemrograman Komputer

166 views

makmurpedia.com – Pemrograman komputer memiliki bahasanya sendiri, dan itu hanyalah awal dari petualangan perangkat lunak. Ada banyak bahasa yang berbeda dalam pemrograman komputer, dan semuanya memiliki tujuan sendiri-sendiri.

Untuk memahami pentingnya bahasa pemrograman komputer, mengetahuinya, dan mengubahnya, orang harus memahami pentingnya pemrograman komputer. Pemrograman komputer menghasilkan paket perangkat lunak, antara lain, untuk memenuhi kebutuhan kita. Kami mungkin memerlukan perangkat lunak untuk akuntansi, membuat foto lebih besar atau lebih kecil, atau mengedit video rumah kami. Di balik semua paket perangkat lunak ini adalah pemrogram komputer yang menggunakan bahasa masing-masing untuk membuat perangkat lunak. Salah satu bahasa pemrograman komputer tersebut adalah Kode Instruksi Simbolik Serba Guna Pemula, atau BASIC. BASIC sebenarnya terdiri dari berbagai jenis bahasa pemrograman yang sebenarnya tingkatnya lebih tinggi daripada kebanyakan bahasa lain.

Keluarga bahasa pemrograman komputer BASIC ini pertama kali dirancang pada tahun 1960-an, dan awalnya dibuat untuk orang-orang non-sains untuk mendapatkan akses yang lebih baik ke komputer. Selama waktu itu, menggunakan komputer mengharuskan seseorang menulis perangkat lunak yang disesuaikan, tugas yang hanya dapat dilakukan oleh matematikawan dan ilmuwan.

Oleh karena itu, bahasa BASIC menjadi jembatan bagi orang-orang dari profesi lain untuk memanfaatkan kekuatan komputer. Ketika tahun 1970-an datang, bahasa BASIC, baik dalam bentuk aslinya atau variannya, menyebar ke mikrokomputer; dan pada tahun 1980-an, bahkan komputer rumahan dapat dijalankan di BASIC. Hari ini, BASIC tetap populer, karena berfungsi sebagai dasar bagi banyak bahasa pemrograman yang lebih modern yang telah dikembangkan setelah sistem operasi canggih dan Internet. Ketika awalnya dipahami, BASIC dimaksudkan untuk pemula: itu adalah bahasa yang dapat digunakan orang dengan mudah, baik mereka dididik dalam matematika dan sains atau tidak. Bahasa juga harus menjadi tujuan umum, karena harus melayani banyak kebutuhan yang berbeda, dan tidak hanya yang dibutuhkan matematikawan dan ilmuwan.

Bahasa dasar BASIC juga harus memungkinkan fitur-fitur canggih untuk dipasang ketika para ahli tumbuh lebih dan lebih mahir di dalamnya, dan ketika bahasa ditemukan lebih lanjut digunakan di banyak bidang. BASIC juga dimaksudkan untuk menjadi interaktif, dan dirancang untuk menampilkan pesan kesalahan yang jelas dan ramah; yaitu, pesan kesalahan ini harus sepenuhnya menjelaskan apa masalahnya, yang dengan mudah akan memungkinkan pengguna untuk memperbaikinya lebih cepat dan lebih mudah. ​​Ketika itu pertama kali dirilis, apalagi, BASIC bebas biaya lebih cepat .

Setelah bahasa menyebar jauh lebih cepat, juga mudah untuk memodifikasi dan memperbaiki kesalahan. BASIC juga didistribusikan ke beberapa sekolah menengah untuk mempromosikannya lebih cepat. Berkat penggunaan bahasa yang meluas ini, BASIC segera diimplementasikan pada beberapa mikrokomputer, dan oleh beberapa produsen perangkat lunak. Terlepas dari kesuksesannya, BASIC memiliki pembangkangnya sendiri.

Misalnya, beberapa programmer menemukan bahwa skripnya tidak menunjukkan praktik pemrograman yang benar, dan bahasanya sendiri terlalu lambat, atau bahkan terlalu sederhana. Terlepas dari semua ini, bagaimanapun, BASIC terus berkembang, berhasil, dan berkembang, dan dengan demikian telah menjadi alat yang baik untuk memperkenalkan pemrogram pemula pada konsep pengkodean dan pemrograman komputer. Ini hanya beberapa fakta dasar. Untuk informasi lebih lanjut tentang BASIC, baca dan lakukan penelitian Anda sendiri melalui beberapa halaman utama secara online, atau menggunakan buku pemrograman komputer.